Posted by : rian dairy Senin, 03 Maret 2014



1.        
Pengertian EKONOMI MIKRO dan EKONOMI MAKRO

a.       Ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama atau ceteris paribus.

b.      Ekonomi makro adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro-ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk memengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.


2.       Perbedaan antara Ekonomi MIKRO dan Ekonomi MAKRO
a.       Harga
Ekonomi Mikro: Harga ialah nilai dari suatu komoditas.
Ekonomi Makro: Harga adalah nilai dari komoditas secara agregat.
b.      Unit analisis
Ekonomi Mikro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. Contohnya permintaan dan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.
Ekonomi Makro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomisecara keseluruhan. Contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi dan kebijakan ekonomi.
c.       Tujuan analisis
Ekonomi Mikro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.
Ekonomi Makro: Lebih memfokuskan pada analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

3.       Permasalahan Ekonomi MIKRO
PERMASALAHAN EKONOMI MIKRO

a. Masalah Harga Dasar dan Harga Tertinggi
b. Meningkatnya Permintaan Beras
c. Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM)
d. Masalah Monopoli
e. Masalah Distribusi
4.       Permasalahan Ekonomi MAKRO
PERMASALAHAN EKONOMI MAKRO :
a. Masalah Kemiskinan dan Pemerataan
b. Krisis Nilai Tukar
c. Masalah Utang Luar Negeri
d. Masalah Perbankan dan Kredit Macet
e. Masalah Inflasi.
f. Pertumbuhan Ekonomi
g.Pengangguran

5.       Aspek Ekonomi MIKRO
Teori ekonomi mikro membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi, permintaan dan penawaran pasar, konsep elastisitas, teori perilaku konsumen dan produsen, teori biaya produksi, memaksimumkan laba, serta jenis" pasar.

6.       Aspek Ekonomi MAKRO
a. Pemanfaatan sumber daya ekonomi dalam perekonomian. Ekonomi makro terutama membahas penentuan tingkat kegiatan perekonomian suatu negara. Sejauh mana berbagai sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi. Apabila masih ada sumber daya yang belum dimanfaatkan berarti perekonomian dalam keadaan under employment atau terdapat pengangguran atau belum berada pada posisi kesempatan kerja penuh.
b. Stabilitas ekonomi. Aspek berikutnya dalam ekonomi makro adalah masalah stabilitas ekonomi. Sejauh mana perekonomian dalam keadaan stabil, khusunya di bidang moneter. Apabila nilai uang cenderung menurun dalam jangka panjang berarti terjadi inflasi. Apabila harga-harga menurun, yang terjadi adalah kelesuan ekonomi dan deflasi.
c. Pertumbuhan ekonomi. Ekonomi makro memberikan perhatian terhadap perkembangan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sejauh mana perekonomian mengalami pertumbuhan dan pertumbuhan tersebut disertai dengan distribusi pendapatan yang membaik. Diusahakan antara pertumbuhan ekonomi dan pemerataan dalam distribusi pendapat tidak terdapat trade off. Pengertian trade off yaitu apabila yang satu membaik, yang lainnya cenderung memburuk.
d. Ekonomi internasional. Setiap negara tidak dapat berdiri sendiri, tetapi perlu menjalin kerja sama dengan negara lain dalam berbagai bidang. Misalnya dengan melakukan ekspor dan impor. Aspek ekonomi makro ini membahas interaksi dengan perekonomian dunia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Rian Is My Name - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -