Posted by : rian dairy Minggu, 05 Mei 2013



 
                
DANG GEDUNAI

Pada zaman dahulu di Riau, tinggal seorang anak bernama Dang Gedunai. Dia tinggal bersama ibunya. Dang Gedunai adalah seorang anak yang keras kepala. Dia adalah anak satu-satunya, tapi dia tidak pernah bahagia. Suatu hari, Dang Gedunai pergi ke sungai untuk menangkap ikan.
 "Ibu, aku ingin pergi ke sungai. Aku ingin pergi memancing "
"diluar mendung. Hujan akan segera turun. Kenapa tidak tinggal di rumah saja.

 Seperti biasa Dang Gedunai mengabaikannya. Dia kemudian pergi ke sungai. Hari mendung  ketika ia tiba di sisi sungai. Gerimis pun turun, tapi Dang Gedunai masih sibuk memancing. Kemudian hujan lebat. Dang Gedunai akhirnya menyerah. Namun tepat sebelum ia meninggalkan, ia melihat sesuatu yang bersinar di sungai. Itu telur sangat besar. Dang Gedunai mengambilnya dan kemudian membawa pulang telur itu.

 "telur apa itu? Di mana kau menemukannya? "
 "Di sungai, Ibu.
 "Hati-hati dengan telur. Ini bukan milikmu. kamu harus mengembalikannya, "

 Seperti biasa, Dang Gedunai mengabaikan nasihat ibunya. Ia berencana untuk makan telur meskipun ibunya mengatakan tidak. Di pagi hari, ibunya sudah siap untuk pergi ke sawah. Sekali lagi, ia menyarankan Dang Gedunai untuk mengembalikan telur itu ke sungai. Dang Gedunai tidak mengatakan apa-apa. Ketika ibunya meninggalkan rumah, ia segera merebus telur. Lalu ia memakannya. Itu begitu lezat. Dia sangat kenyang dan tiba-tiba ia tertidur. Dalam tidurnya ia bermimpi. Seekor naga raksasa datang kepadanya.
"Dang Gedunai, kamu mencuri telur aku! Untuk hukuman, kamu akan menjadi seekor naga. "

Dang Gedunai bangun dengan ketakutan. Dia merasa sangat haus. Kemudian ibunya pulang.
"Apa yang terjadi ... apa yang terjadi dengan kamu, Dang Gedunai?
 "aku tidak tahu, Ibu. Tiba-tiba aku merasa sangat haus ..... ..... Tenggorokanku sangat panas "


 Ibunya kemudian memberinya segelas air. Ini tidak cukup. Dia minum segelas, dan kemudian gelas lain sampai tidak ada air yang tersisa di rumah. Tapi itu tidak cukup. Ibunya menyuruhnya pergi kolam. Dang Gedunai minum semua air sampai kolam hingga kering. Tapi itu tidak cukup. Kemudian mereka pergi ke sungai. Sekali lagi itu tidak cukup. Dang Gedunai tau mimpinya akan menjadi kenyataan. Dia akan menjadi seekor naga.


Ibu, maafkan aku. ...... Aku mengabaikan nasihatmu. aku memakan telur. Itu telur naga. ...... Aku akan berubah menjadi seekor naga. aku tidak bisa hidup denganmu lagi. ......... aku akan hidup di laut. ............... Jika kamu melihat gelombang besar di laut, itu berarti aku  sedang makan. Tetapi jika gelombang yang tenang, saat itu berarti aku sedang tidur, "
"Dang Gedunai ...... Kenapa tidak kau dengarkan aku .......... Semuanya sudah berakhir sekarang. kamu berubah menjadi naga raksasa. Selamat tinggal anakku. ....... Kemudian Dang Gedunai meninggalkan ibunya. Dia menuju laut. Ibunya tidak bisa berbuat apa-apa untuk menghentikannya. Dia hanya menangis.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Rian Is My Name - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -